• Senin, 25 April 2016

    Kuning telur pakan burayak cupang - Tulisan ini dibuat berdasarkanpengalaman ketika pertama kalinya melakukan Breeding cupang, keetika itu sepasang cupang crowtail coba untuk diternakan, dalam kurun waktu 5 hari dari proses awal burayak sudah mulai tampak bergelantung  pada buih indukan pejantan. saat itu pula persiapan untuk pakan burayak ketika kuning telur sudah habis mulai di cari, berbagai sumber dari internet mengatakan bahwa Kuning telur dapat dijadikan pakan burayak cupang.
    Sebagai langkah awal saya merebus kuning telur dan melewati tahap demi tahap seperti yang ada pada video youtube, setelah semua selesai dan siap untuk dijadikan pakan saya mulai memberikan sedikit saja pada burayak ikan cupang, satu hari dua hari...dan pada hari ketiga saya melihat aquarium saya mulai sepi oleh burayak. saya bertanya apakah di makan oleh pejantan yang belum saya pisah karena terlihat masih sayang untuk merawat anak anaknya. ternyata anggapan itu keliru karena dari air yang saya ambil sedikit dari air aquarium itu tercium aroma tidak sedap.
    Hati sedikit kecewa karena burayak yang telah menetas terbilang lumayan banyak hingga akhirnya hanya tersisa beberapa ekor saja. yaaah....pengalaman adalah guru yang paling berharga, begitu kata pepatah.  saya rasa anggapan orang lain yang berkata Kuning telur pakan burayak cupang kurang sesuai, karena air aquarium akan berbau busuk karena efek dari kuning telur dan mulai dari situ saya kapok untuk melakukannya lagi.
    Ternyata pengalaman saya di amini oleh Mr.x ( sebut saja begitu ) dia adalah pemesan produk Microworm yang saya kembangbiakan, obrolan dimulai ketika dia memesan dengan metode COD di daerah pintu tol kopo. hal serupa sempat dirasakannya, "repot kalau pakai kuning telur, harus rajin shipon untuk menjaga kualitas airnya". mungkin itulah alasaanya kenapa dia beralih menggunakan Microworm sebagai pakan burayaknya.
    Jika anda saat ini sedang membaca tulisan ini mungkin berpikir, " tidak ah, saya berhasil ko menggunakan kuning telur ". yah, tingkat keberhasilan menggunakan kuning telur memang ada, tetapi buat saya pribadi harus ekstra dalam perawatannya. saat ini menggunakan Microworm terbilang berhasil untuk menggeser penggunaan Kuning telur pakan burayak cupang

  • - Copyright © - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -